Sabtu, 14 April 2012

Contoh Studi Kasus ANSIS

Dalam latihan ini diberikan contoh studi kasus pada sebuah perguruan tinggi untuk sistem informasi penerimaan mahasiswa baru. Sistem ini dimulai dari calon mahasiswa yang sebuah formulir yang diberikan oleh bagian pendaftaran. Formulir yang diserahkan juga disertai oleh kelengkapan persyaratan seperti legalisir ijazah, SKCK, surat keterangan dokter, fotocopy KTP, dan foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

Setelah formulir dan kelengkapan persyaratan diterima, bagian pendaftaran mengecek data calon mahasiswa beserta dengan kelengkapan persyaratannya. Apabila data-data sudah lengkap, maka data calon mahasiswa diinput kedalam sistem sebagai data calon mahasiswa. Apabila data belum lengkap, maka data belum bisa diinput kedalam sistem sampai data tersebut dilengkapi oleh calon mahasiswa.

Jika data calon mahasiswa telah tersimpan dalam sebuah sistem, maka bagian pendaftaran mencetak kartu ujian masuk yang nantinya akan diberikan kepada calon mahasiswa. Apabila calon siswa sudah mendapat kartu ujian masuk, maka calon mahasiswa sudah bisa melakukan ujian masuk yang diadakan oleh bagian seleksi.

Bagian seleksi bertugas memberikan tes dan menilai ujian masuk kepada calon mahasiswa. Hasil dari tes ujian masuk akan disimpan yang nantinya akan dicetak dan diberikan kepada calon mahasiswa. Bagi mahaiswa yang lolos seleksi ujian masuk, maka mahasiswa tersebut wajib menyelesaikan administrasi biaya pendaftaran mahasiswa baru ke bagian keuangan. Bila calon mahasiswa tidak melakukan administrasi, maka calon mahasiswa tersebut dianggap gugur.

Akan tetapi, bila mahasiswa tersebut telah menyelesaikan administrasi biaya pendaftaran mahasiswa baru, maka bagian keuangan akan mencetak slip pembayaran yang nantinya slip tersebut akan ditukarkan oleh calon mahasiswa dengan nomor pokok mahasiswa (NPM) di bagian kemahasiswaan. Jika calon mahasiswa tersebut telah menerima NPM, maka calon mahasiswa tersebut sudah dianggap sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut.

Setiap harinya, masing-masing bagian memberikan laporan kinerja kerjanya kepada pimpinan perguruan tinggi. Bagian pendaftaran memberikan laporan data calon mahasiswa, bagian seleksi memberikan laporan data seleksi mahasiswa baru, bagian kemahasiswaan memberikan laporan data mahasiswa baru, dan bagian keuangan memberikan laporan data administrasi keuangan mahasiswa baru. Berdasarkan studi kasus tersebut, buatlah sebuah diagram alir data yang baik, benar dan seimbang.
 
Penyelesaian :
 
MENGGUNAKAN DIAGRAM ALIR DATA (DAD)
 
Diagram Konteks
 
Setelah diagram konteks terbentuk maka dilanjutkan dengan membuat Diagram Nol. Adapun bentuk diagram nol nya, hmmmm.... menyusul ya.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar